19 May 2015

Pangkas Ongkos Impor, Tiongkok Tawarkan Supermarket Bahan Bangunan Murah

JAKARTA, KOMPAS.com – Sudah lebih dari satu dekade material bangunan asal negeri Tiongkok membanjiri pasar Indonesia. Harganya yang relatif murah, membuat produk mereka disukai masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah.

Namun, bukan rahasia lagi jika produk material asal Tiongkok identik dengan kualitas rendah. Buruknya kualitas material bangunan ini membuat stigma yang terus melekat hingga sekarang. Padahal, kalau mau jujur, tak sedikit material bangunan asal Negeri Tirai Bambu ini berkualitas bagus.

Sayangnya, material bangunan berkualiats bagus ini tidak masuk ke tangan, dan saat yang tepat. Seharusnya, dipasarkan, dan dikemas dalam sebuah kampanye terintegrasi.

Presiden Direktur Homega, Yaboo Huang, mengakui, memang ada banyak produk material bangunan Tiongkok yang berkualitas rendah, dan itu biasanya dikerjakan dalam sebuah industri rumahan (home industry).

“Meski begitu, hal tersebut justru tantangan besar bagi kami untuk memperkenalkan material bangunan berkualitas tinggi,” ujar Huang, saat peluncuran gerai material bangunan modern, Homega, di Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (9/5/2015).

Detail : Kompas.Com